Tulisan Ngawur Orang Nganggur
Home » » Munafik Dalam Islam

Munafik Dalam Islam

Written By Unknown on Saturday, September 21, 2013 | 3:52 AM

Assalamualaikum wr wb

Tergelitik rasanya membaca atau mendengar orang dengan gampangnya menyebut orang lain munafik hanya karena sedikit kebohongan atau tidak menepati janji. Memang ciri orang munafik itu ada beberapa yaitu diantaranya adalah:

(1) apabila ia dipercaya ia berkhianat,
(2) apabila berkata ia berdusta,
(3) apabila berjanji ia ingkar,
(4) apabila berdebat ia melampaui batas


Lantas apakah jika ada orang berbohong itu bisa dikatakan sebagai golongan orang munafik? belum tentu seperti itu. Karena di dunia ini hanya ada 3 macam jenis orang, yaitu:

1. orang yang beriman
2. orang yang ingkar terhadap Allah atau dikatakan sebagai kafir
3. kaum munafik

Dan kaum munafik inilah yang membingungkan, karena pada zaman Rosulullah hijarah ke madinah yang disebut sebagai kaum munafik adalah orang orang yahudi yang tunduk kepada Rosulullah dan mengakui syariah islam sebagai hukumnya tapi menolak untuk beriman kepada Allah. Dan itulah yang sebenarnya disebut sebagai orang-orang munafik dengan ciri-ciri diatas yang sudah disebutkan.
Tapi jaman sekarang orang dengan mudahnya mengatakan seseorang itu munafik hanya karena berbohong dan tidak menepati janji.

Jadi mulai sekarang berhati-hatilah menggunakan kata munafik. Apalagi sampai terlontar kepada saudara sesama muslim hanya karena dia berbohong atau tidak menepati janjinya. Jika orang dengan mudah mengatakan seseorang munafik hanya dengan ciri yang diatas, maka berfikirlah dengan diri sendiri. Apakah tidak pernah berbohong? tidak pernah ingkar janji? tidak pernah melakukan kedustaan? tidak pernah debat berlebihan? semua ciri diatas adalah berhubungan dengan ibadah dan agama.

wallahu a'lam bisshawab, mari kita perbaiki diri sendiri dan saling mengingatkan satu sama lain. bukan bermaksud untuk menggurui atau merasa lebih pintar dan lebih berilmu. Tapi agar kita semua terhindar dari fitnah lidah dan terhindar dari api neraka.

semoga bermanfaat.

wassalamualaikum wr wb

Lyon Abiemanyu (Abie Tharikh)

0 comments:

Post a Comment

The Alien
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS